Minggu, 01 Maret 2015

Perkembangan dan Jenis Processor

Perkembangan proessor yang sangat pesat merupakan salah satu faktor utama mengapa kita bisa hidup di jaman yang penuh dengan teknologi canggih ini karena, teknologi apapun yang canggih saat ini pasti memiliki sebuah otak yang mampu membuatnya menjadi sebuah perangkat canggih, nama lain dari otak itu adalah Processor. Processor merupkan sebuah chip yang sering juga di sebut dengan istilah Microprocessor yang pada saat ini, dengan kemajuannya yang pesat memiliki kapasitas sebesar gigahertz. Gigahertz merupakan satuan pengukur yang mengatur cepat proses dari suatu processor dalam mengolah data atau informasi. Processor dapat menjadi perangkat yang sangat canggih seperti ini bukan hanya dalam waktu semalam, banyak ahli yang melakukan penelitian dan melalui beberapa kegagalan sehingga menghasilkan alat ini. Artikel ini akan menjelaskan perkembangan processor dan sejarahnya.
Sejarah perkembangan Processor bis di bilang sangat pesat, karena dalam awal pembuatannya, sekitar 4 dekade lalu pada tahun 1971 di mulai dengan processor seri MCS4 yang menjadi asal muasal dari processor i4040 dengan register 4 bit dan hanya dalam tempo 1 tahun yaitu tahun 1972 muncul processor pertama dengan register 8 bit, yaitu processor 18080. Pada tahun 1978 muncullah processor i8086 dengan register 16-bit, bus data eksternal 16-bit, dan memori addressing 20-bit. Pada tahun 1989 Intel kembali mngebrak dengan penemuannya yang baru dan meluncurkan i80486DX, seri yang sangat populer yang mempunyai kecepatan dan dukungan FPU internal dan skema clock multiplier.
Perkembangan processor yang pesat ini tanpa henti terus berkembang dari tahun ke tahun, banyak model dan jenis processor yang keluar setiap tahunnya dan tentu saja lebih mutakhir dari tahun-tahun sebelumnya. Perkembangan yang paling akhir saat ini adalah Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 dari Intel, processor ini biasanya di gunakan untuk server dan memiliki 2 buah core yang masing-masing dari core tersebut memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut, dengan 8MB L2 cache, 1.06GHz Front-side Bus, dan Thermal Design Power (TDP).
Demikian penjelasan singkat tentang perkembangan processor dan sejarahnya, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar