Minggu, 01 Maret 2015

Jenis jenis Main Board terbaru

 pada masa kini memiliki banyak varian dan model yang bermacam-macam. Motherboard itu sendiri merupakan komponen yang terpenting dari sebuah computer atau laptop karena komponen tersebut merupakan pengatur dari jalannya semua rangkaian yang terpasang dan tersambung kepada motherboard, dari processor, memory, slot dan komponen eksternal lainnya. Jenis motherboard juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kecepatan dari motherboard itu sendiri, beberapa contoh jenis motherboard adalah AT baby/AT, ATX, BTX, dan ITX. Dalam memilih jenis motherboard yang akan anda gunakan dalam computer anda, ada baiknya anda meneliti terlebih dahulu, jenis apa yang cocok dan dapat di gunakan pada computer yang akan anda rancang, karena hal ini sangat berpengaruh besar dalam hal perancangan computer.
Yang membedakan dari jenis-jenis motherboard AT tersebut adalah format yang di gunakan dalam 386 serta 486 komputer pertama, kemudian format tersebut di tingkatkan kembali oleh format ATX untuk membentuk sirkulasi udara yang lebih baik dari sebelumnya sehingga lebih mudah mengakses komponen computer. Beberapa model motherboard mengalami perubahan dari tahun ke tahun, untuk saat ini tipe motherboard bervariasi ada yang di sebut Socket A, Socket 370, Socket 478, Socket LGA 775. Perbedaan dari jenis motherboard di atas adalah kemampuannya dalam menerima model processor yang akan anda gunakan untuk computer anda.



 > Jenis-Jenis Motherboard Terbaru

Jenis-jenis motherboard yang pertama adalah:
-Socket A dan Socket 370. Motherboard Socket A di rancang untuk digunakan dengan system CPU AMD Duron, Sempron, dan Athlon. Jenis motherboard ini tidak cocok dengan processor yang menggunakan system intel dan menggunakan 453 pin dapat terhubung ke CPU. Socket A dapat mendukung kecepatan pemrosesan antara 600MHz dan 2.333 MHz, jenis ini juga memilki batas heat sink dari 10.6 ons. Socket 370 adalah jenis motherboard yang biaasa di gunakan oleh Intel. Jenis ini juga di kenal dengan socket PGA370 dan memiliki lubang 370-pin untuk mendukung koneksi CPU. Jenin motherboard ini sering di gunakan bersama Pentium II, III, dan CPU Celeron processor. Heat sink batas berat untuk jenis ini adalah 6.3 ons.
-Socket 478 dan Socket LGA 775. Motherboard socket 478 memilki lubang pin 478 untuk koneksi CPU. Jenis ini di gunakan oleh Intel dengan perusahaan Pentiuym 4 dan Celeron processor. Koneksinya memiliki batas beban berat sekitar 100 pon. Socket LGA 775 di gunakan oleh Intel processor Pentium dan Celeron processor. LGA 775 mampu menangani kekuatan pemrosesan lebih dari jenis lainnya, seperti data transfer dalam kapasitas gigabyte. Jenis ini memiliki koneksi 775-pin untuk menghubungkannya ke CPU dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan processor dual maupun quad core, yang dapat mentransfer data dengan lebih cepat.
Demikian penjelasan singkat tentang jenis-jenis motherboard terbaru, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Cara Membagi Partisi Hardisk, Fungsi Transformator, Jenis-Jenis Transistor dan Fungsi Hardisk Dalam Komputer.


0 komentar:

Posting Komentar